hubinsmkpgri1cibinong

7 Kiat Menjadi Peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) Berkualitas


Menjadi peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) berkualitas tidak perlu neko-neko, sebenarnya dapat dicapai dengan berbagai usaha sederhana. Tidak perlu banyak cakap untuk  menarik perhatian atau bahkan bermanis-manis dengan karyawan tempat magang, yang terpenting jalani saja tugas-tugas yang diberikan dengan baik.

Bertanggungjawab pada apa yang harus dikerjakan saja ternyata juga tidak cukup menjadikan seseorang memiliki kualitas terbaik. Ada hal penting lain, yaitu sikap pribadi dan kemampuan memelihara hubungan sosial yang baik untuk melengkapi ciri dari peserta PKL berkualitas.

Berikut tujuh kiat untuk menjadi peserta PKL berkualitas di Dunia Usaha/Industri (DUDI):

Baca juga: PKL (Magang) Cari Uang Atau Ilmu
  1. Bermotivasi tinggi

  2. Peserta PKL berkualitas selalu memiliki stamina untuk melakukan pekerjaan yang luar biasa. Dirinya biasa menentukan laju pekerjaan yang dapat ditiru orang lain. Jika ingin dihargai orang lain, pastikan bekerja maksimal di tempat magang. Jadilah yang terbaik sesuai kemampuan  dengan begitu citra pelajar atau peserta PKL berkualitas akan diraih.

  3. Berpikir dan bertindak positif

  4. Peserta PKL berkualitas selalu bertanggungjawab pada apapun yang dilakukan, berkonstribusi positif di tempat magang. Untuk itu, tentu peserta PKL harus senantiasa berpikir dan bertindak positif. Mengambil inisiatif, memberikan saran bila diperlukan dan menjadi orang yang mampu menyelesaikan berbagai tantangan dalam pekerjaan.

  5. Produktif

  6. Memprioritaskan pekerjaan dan mengelola waktu dengan baik. Peserta PKL berkualitas tahu kapan mengerjakan sebuah tugas dan tidak menunda pekerjaan khususnya saat melibatkan orang lain. Lambatnya dalam melaksanakan tugas akan berpengaruh pada pekerjaan orang lain. Peserta PKL berkualitas, tahu bagaimana cara mengelola waktu sendiri dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

  7. Menjalani tugas dengan baik

  8. Salah satu ciri utama peserta PKL berkualitas adalah mereka yang memahami peran dan tanggungjawabnya di sebuah perusahaan. Dia juga menciptakan daya saing yang baik di hadapan pembimbing sekolah dan pembimbing DUDI melalui hasil kerjanya. Carilah cara bagaimana belajar dan mengembangkan diri menjadi lebih baik.


    Baca juga: Apa itu Praktek Kerja Lapangan (PKL)?

  9. Sabar dan bekerja keras

  10. Memiliki sikap pekerja keras sangat penting saat sedang melaksanakan magang. Jadilah orang yang selalu siap melakukan pekerjaan. Berani dan sabar dalam bekerja dapat membuat peserta PKL menjadi orang yang dipercaya dalam berbagai tugas penting.

  11. Menjaga hubungan sosial

  12. Peserta PKL berkualitas senantiasa mampu menjaga hubungan sosialnya dengan baik dan memiliki kerjasama positif dengan para peserta PKL dari divisi lain. Dengan begitu, pembimbing DUDI tak perlu pusing mengatasi peserta PKL yang senantiasa bermasalah dengan yang lain.

  13. Jauhkan smartphone saat PKL

  14. Maksudnya menjauhkan smartphone di sini adalah supaya peserta PKL tidak terlalu banyak melakukan hal-hal di luar pekerjaan yang bisa diakses melalui smartphone, seperti membuka media sosial, bermain game, browsing yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, dan sebagainya. Mulai dari sekarang, simpan telepon genggam dan batasi panggilan yang dapat masuk selama magang sehingga waktu tidak banyak terbuang selain untuk pekerjaan.

Related

Redaksi 6939527432087780839

Post a Comment Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

item