hubinsmkpgri1cibinong

Apa itu Praktek Kerja Lapangan (PKL)?

Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang yang memadukan secara sistimatis dan sinkron program pen...


Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang yang memadukan secara sistimatis dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan kompetensi yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja secara terarah untuk mencapai suatu penguasaan kompetensi.

Pendidikan Sistem Ganda melalui PKL bertujuan untuk:
  1. Meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan kejuruan melalui peran serta IP
  2. Menghasilkan tamatan yang memiliki knowledge (pengetahuan), skill (ketrampilan), dan ethos (etos) kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja,
  3. Menghasilkan tamatan yang memiliki knowledge (pengetahuan), skill (ketrampilan), dan attitude (sikap) yang menjadi bekal dasar pengembangan dirinya secara berkelanjutan,
  4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
Baca juga: Pedoman Laporan PKL Terbaru

Kerjasama antara SMK dengan dunia usaha atau industri dilaksanakan dalam prinsip saling mengisi dan melengkapi untuk keuntungan bersama. Berdasarkan prinsip ini pelaksanaan sistem ganda akan memberi nilai tambah bagi pihak-pihak yang bekerjasama, sebagai berikut:

1. Nilai tambah bagi pihak industri/perusahaan.

Penyelenggaran PKL memberi keuntungan nyata bagi industri antara lain sebagai berikut:
  • Perusahaan dapat mengenal persis kualitas peserta didik yang belajar dan bekerja di perusahaannya. Kalau perusahaan menilai orang tersebut dapat menjadi asset, dapat direkrut menjadi tenaga kerja di perusahaan tersebut. Kalau tidak, bisa dilepas karena tidak ada keharusan bagi perusahaan untuk mempekerjakan apabila telah tamat.
  • Pada umumnya, peserta didik telah ikut dalam proses produksi secara aktif sehingga pada batas-batas tertentu selama masa pendidikan, peserta didik adalah tenaga kerja yang memberi keuntungan.
  • Selama proses pendidikan melalui kerja di industri, peserta didik lebih mudah diatur dalam disiplin berupa kepatuhan terhadap aturan perusahaan. Karena itu sikap peserta didik dapat di bentuk sesuai dengan ciri khas perusahaan.
  • Memberi kepuasan bagi dunia usaha dan industri karena diakui ikut serta menentukan hari depan bangsa melalui pendidikan sistem ganda.
2. Nilai tambah bagi peserta didik.
  • Hasil belaiar peserta didik akan lebih bermakna karena setelah tamat akan betul-betul memiliki keahlian profesional sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidupnya. dan sebagai bekal di masa depan.
  • "Lead-Time’"` untuk mencapai keahlian profesional menjadi lebih singkat. Setelah tamat sekolah dengan sistem ganda, tidak memerlukan waktu latihan lanjutan lagi untuk mencapai tingkat keahlian siap pakai.
  • Keahlian profesional yang diperoleh dari pendidikan sistein ganda. dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya diri tamatan, yang selanjutnya akan mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian profesionalnya pada tingkat yang lebin tinggi.
Baca juga: 7 Kiat Menjadi Peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) Berkualitas

PELAKSANAAN PKL

Periode I
  • Bulan Agustus - Desember
Periode II
  • Bulan Januari - Juli
SYARAT PKL

1. Lulus semua Mata Diklat di tingkat sebelumnya
  • Nilai Mata Diklat Normatif : Minimal 7,00
  • Nilai Mata Diklat Adaptif : Minimal 7,00
  • Nilai Mata Diklat Produktif : Minimal 7,50.
2. Mempunyai nilai untuk semua Mata Diklat pada semester sebelumnya
  • Untuk PKL periode Agustus–Desember mempunyai nilai untuk semua mata diklat semester Ganjil
  • Untuk PKL periode Januari - Juli mempunyai nilai untuk semua mata diklat semester Genap
3. Memenuhi Standar Kompetensi Kualifikasi PKL
4. Mengisi dan mematuhi Surat Perjanjian dengan Hubin yang diketahui oleh orang tua

Related

PKL 7560076823566369167

Post a Comment Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

item