hubinsmkpgri1cibinong

SMK Plus PGRI 1 Cibinong Gelar In House Training (IHT) Pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah

Dalam rangka peningkatan kompetensi guru untuk mengawal proses pembelajaran, SMK Plus PGRI 1 Cibinong selenggarakan kegiatan In House Training (IHT) tentang Penguatan Penyelenggaraan Project Base Learning Guna Pengembangan Karakter dan Softskill Peserta Didik, Senin (16/8) kemarin.

Bertempat di Aula, Kepala SMK Plus PGRI 1 Cibinong Drs. H. Ali Gozali, M.Pd. membuka langsung kegiatan ini. Dalam sambutannya, kepala sekolah mengharapkan agar dalam proses pembelajaran nantinya, pendidik lebih memposisikan peserta didik berdasarkan karakteristik masing masing sehingga sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini menghadirkan narasumber dari berbagai unsur. Mewakili KCD wilayah 2 Kabupaten Bogor hadir Pengawas Pembina SMK, Drs. H. Agus Hamidy, M.Pd. Dalam paparannya, ia menjelaskan sejumlah prinsip pengembangan kurikulum operasional sekolah yang meliputi berpusat pada peserta didik, kontekstual, esensial, akuntabel,  dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Sementara itu narasumber dari P4TK Pertanian Cianjur,  Ir. Adang Suryana, M.Si. paparannya lebih fokus pada Profil Pelajar Pancasila.

"Guna mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh, dibutuhkan berkembangnya enam dimensi secara bersama, tidak parsial  meliputi berakhlaq mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif", tegasnya.

Sesi ketiga atau terakhir diisi narasumber lainnya, juga dari P4TK Pertanian Cianjur,  Ir. Ari Budiharto, S.Hut, M.Si. Dalam paparannya, ia menjelaskan terkait Project Base Learning (PjBL). Model pembelajaran ini menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis, terampil memecahkan masalah, dan memperoleh pengetahuan.

Kegiatan berakhir pukul 16.00 WIB dan ditutup oleh ketua pelaksana, Dra. Hj. Rosmala Sundayani dengan mengucap hamdalah.

"Alhamdulillah, pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah disusun. Pesertanya juga aktif dalam bertanya dan aktif membangun komunikasi dengan pembicara.", tutupnya.

Related

Profil 1707578309978086613
item