hubinsmkpgri1cibinong

SMK Plus PGRI 1 Cibinong Gelar Sidang Laporan PKL 2022-2023

SMK Plus PGRI 1 Cibinong

Guna menggali informasi sejauh mana pengalaman dan ketrampilan peserta didik setelah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL), SMK Plus PGRI 1 Cibinong selama dua hari, Rabu dan Kamis, menyelenggarakan Ujian Sidang Laporan PKL Tahun Pelajaran 2022-2023. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala sekolah, Drs. H. Ali Gozali, M.Pd, Rabu (25/01/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kesuksesan akan dapat diraih bila masing-masing peserta sidang memiliki kualitas pribadi yang baik.

"Kunci kesuksesan menjadi hal yang harus diperhatikan bagi seseorang yang ingin berhasil dalam menjalani apapun dalam hidupnya. Lakukan dalam kehidupan sehari-hari tiga kunci sukses , kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab.", ujarnya.

Baca juga: Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Plus PGRI 1 Cibinong Tahun Pelajaran 2023/2024

Ketua pelaksana ujian sidang laporan PKL, Yayat Herdiyatna Yazid, S.Pd, dalam laporannya memaparkan Permendikbud No. 50 Tahun 2020 sebagai landasan diselenggarakan kegiatan ini terutama pada pasal 13 tentang penilaian PKL dan pasal 15 tentang sertifikasi PKL.

SMK Plus PGRI 1 Cibinong

Lebih lanjut ketua pelaksana berpesan agar peserta tidak perlu merisaukan grogi. Kondisi itu adalah hal biasa dan akan hilang seiring berjalannya waktu, selama sebelumnya sudah mempersiapkan diri dengan baik.

"Rasa degdegan akan sirna dengan sendirinya saat kamu sudah mempersiapkan diri dengan apa yang kamu presentasikan dan seberapa besar penguasaanmu terhadap materi laporan. Semakin kamu mempersiapkan diri untuk menguasai materi dengan baik, maka semua pertanyaan bisa kamu jawab dengan baik pula, success depends upon previous preparation.", pungkasnya.

SMK Plus PGRI 1 Cibinong

Nampak di depan ruang sidang dari masing-masing kelompok program keahlian dipenuhi peserta yang mengantri untuk masuk ke ruang sidang. 

Dimulai pagi hari secara bersamaan, namun selesainya tidak berbarengan dari kelompok yang satu dengan  yang lainnya. Ada yang selesai siang hari, ada juga yang selesai sampai sore hari, tergantung dari berapa lama penguji menguji peserta dan berapa banyak yang diuji dari masing-masing kelompoknya.

Sidang ini diikuti oleh 479 peserta didik dari lima program keahlian, Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Teknik KOmputer dan Jaringan (TKJ) dan Multimedia (MM). Masing-masing peserta sidang membawa laporan PKL untuk dipertanggung jawabkan di depan para penguji.

Sesuai kesepakatan dari kelima koordinator penguji, terdapat  empat aspek penilaian pada ujian sidang laporan ini, meliputi aspek sistematika laporan, aspek kaidah bahasa, aspek penyajian dan penguasaan materi PKL dan aspek komprehensif produktif.

Secara umum, pelaksanaan sidang laporan PKL berjalan lancar tanpa hambatan yang signifikan. Sepanjang pelaksanaan dua hari sidang, munculnya kendala teknis menjadi suatu kewajaran, mengingat kegiatan ini mensyaratkan penggunaan teknologi dan software presentasi.

Related

Redaksi 26852149326816624
item