hubinsmkpgri1cibinong

Tingkatkan Kompetensi, SMK Plus PGRI 1 Cibinong Gelar Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Tahun Pelajaran 2023/2024

Pembekalan PKL SMK Plus PGRI 1 Cibinong Tahun Pelajaran 2023/2024

Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi peserta didik kelas XI digelar SMK Plus PGRI 1 Cibinong selama dua hari, 13-14 September 2023, bertempat di aula SMK Plus PGRI 1 Cibinong. (13/9/2023).

Pembekalan ini diikuti 427 peserta yang akan melaksanakan PKL tahun pelajaran 2023/2024, dengan tujuan membekali peserta didik agar dapat melaksanakan PKL dengan lancar dan sukses.

Kepala SMK Plus PGRI 1 Cibinong, Drs. H. Ali Gozali, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa PKL merupakan salah satu kegiatan penting bagi siswa SMK. PKL bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja kepada siswa sebelum mereka memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

"PKL merupakan kesempatan bagi siswa untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan yang mereka dapatkan di sekolah. Di PKL, siswa akan belajar langsung dari para profesional di industri", tegasnya.



Pada kesempatan yang sama Ketua Pelaksana, Yayat Herdiyatna Yazid, S.Pd. diakhir laporannya berpesan kepada seluruh peserta pembekalan untuk memanfaatkan kesempatan PKL dengan sebaik-baiknya.

"Bila ingin pelaksanaan PKL berhasil dengan baik berusahalah untuk meneladani empat sifat wajib Nabi Muhammad SAW, bekerjalah dengan cerdas, bekerjalah dengan meyakinkan (dapat dipercaya), bekerjalah dengan komunikatif dan bekerjalah dengan jujur. Sebagai tambahan, peserta juga harus menjaga nama baik sekolah selama melaksanakan PKL.", pesannya



Dalam pembekalan tersebut, peserta mendapatkan sejumlah materi yang dibutuhkan pada saaat pelaksanaan PKL. 

Materi pengenalan dunia industri disampaikan langsung oleh narasumber eksternal dari empat perusahaan, PT. Semasi untuk program Akuntansi dan keungan Lembaga (AKL) dan Otomatoisasi dan Tata kelola Perkantoran(OTKP), PT. Matahari Department Store Tbk, untuk program Bisnis Daring dan Pemasara (BDP), PT. Andalan Dinamika Informatika untuk program Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Click Five Studio untuk program Multimedia (MM).

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Seputar PSG (Pendidikan Sistem Ganda)

Materi Pengisian jurnal, absensi, dan kerangka penilaian disampaikan oleh ketua program keahlian, sedangkan materi etika, tata tertib di dunia usaha dan industri disampaikan oleh guru produktif.

Di penghujung acara salah seorang peserta didik kelas XI-AKL1, Dzacky, mengatakan bahwa pembekalan PKL sangat bermanfaat baginya. Ia mendapatkan banyak informasi baru tentang PKL, mulai dari peraturan PKL hingga tips sukses PKL.

"Saya jadi lebih siap untuk melaksanakan PKL. Saya akan mengikuti semua peraturan dan ketentuan PKL seperti yang disampaikan baik oleh narasumber internal maupun eksternal," ujar Dzacky.



Related

Profil 1216660363598322496
item