hubinsmkpgri1cibinong

PKL (Magang) Cari Uang Atau Ilmu

"Pak, kalo saya magang di perusahaan dibayar enggak?"  Pertanyaan yang mengarah pada money-oriented ini seringkali muncul dari...

"Pak, kalo saya magang di perusahaan dibayar enggak?" 
Pertanyaan yang mengarah pada money-oriented ini seringkali muncul dari siswa-siswi yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL)/Magang. Dan, pertanyaan itu pula yang memaksa saya untuk membuat tulisan ini.

Baca juga: Apa itu Praktek Kerja Lapangan (PKL)?

Magang dapat diartikan sebagai bekerja untuk kepentingan "belajar" di suatu perusahaan yang sifatnya sementara serta sebagai salah satu syarat kelulusan. 

Dalam hal ini memang tujuan utama dari magang adalah untuk mendapatkan ilmu dari praktek-praktek kerja di lapangan, dimana pada akhir magang perusahaan akan memberikan surat keterangan kerja, yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu modal atau referensi kerja ketika akan melamar menjadi karyawan tetap di perusahaan lain. Perusahaan akan lebih menyukai dan memilih pelamar yang sudah "punya pengalaman" kerja.

Mindset yang mengarah pada money-oriented belum saatnya bila dilihat dari dua kriteria; kualifikasi pendidikan dan kualifikasi keterampilan. Dari segi kualifikasi pendidikan, peserta magang biasanya adalah orang-orang yang diasumsikan belum memiliki gelar pendidikan (belum lulus).

Baca juga: Pedoman Laporan PKL Terbaru

Sementara itu, dari segi kualifikasi ketrampilan, peserta magang diasumsikan perusahaan sebagai tenaga yang "sedang belajar" dari pekerjaan yang diberikan sehingga belum terlalu dituntut ketrampilan khusus.Dengan dasar kedua kriteria itu maka peserta magang belum saatnya mendapat bayaran.


Karena kegiatan magang merupakan salah satu syarat kelulusan, maka seyogyanya peserta magang secepatnya menyelesaikan magang ini dengan predikat "baik/memuaskan", karena referensi perusahaan bisa menjadi salah satu senjata ampuh untuk melamar pekerjaan nantinya bahkan bisa langsung bekerja di perusahaan sebagai karyawan dengan mendapat imbalan gaji.

Baca juga: 7 Kiat Menjadi Peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) Berkualitas

Pada prinsipnya, praktek kerja lapangan (PKL) merupakan sebuah media untuk memantapkan, meningkatkan dan memperluas keterampilan yang dimiliki oleh siswa dalam dunia kerja; mengembangkan dan memantapkan sikap professional yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang masing–masing; 

Memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMK untuk beradaptasi dengan suasana atau iklim lingkungan kerja yang sebenarnya baik sebagai pekerja mandiri terutama yang berkenan dengan disiplin kerja; dan memberikan masukan dan umpan balik guna perbaikan dan pengembangan pendidikan.


“Ilmu yang saya dapatkan selama magang itu beda banget dengan yang biasa didapat di kelas,” ungkap siswi yang sudah melaksanakan magang. 

Memang pada tahap pengaplikasian ilmu yang didapatkan dari kelas tidak akan selalu sama ketika diterapkan di dunia kerja. Magang juga bermanfaat agar para siswa dapat mengaplikasikan kemampuan praktiknya.

Well peserta magang, selamat berkarya ya! cobalah untuk juga melihat sisi benefit dan konsekuensi positif yang bisa kamu dapat dari kegiatan magang ini. 

Ingatlah bahwa kegiatan magang ini sifatnya hanya sementara, dan kamu bisa mencari ilmu sebanyak-banyaknya untuk pekerjaan/karir kamu kelak. Magang bukan untuk mencari uang melainkan untuk menimba ilmu.
 
Sukses Selalu!

Related

PKL 407355983602155047

Post a Comment Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

item