hubinsmkpgri1cibinong

Apakah Anda Guru Nyasar, Guru Bayar atau Guru Sadar?

I ndonesia memiliki jumlah guru sebanyak 3.4 juta orang. Dari sekian juta guru tersebut, mereka terbagi menjadi tiga ketegori. Aris Set...

I
ndonesia memiliki jumlah guru sebanyak 3.4 juta orang. Dari sekian juta guru tersebut, mereka terbagi menjadi tiga ketegori. Aris Setyawan, motivator muda Indonesia, menjelaskan ketiga kategori itu meliputi kategori Guru Nyasar, Guru Bayar dan Guru Sadar. Ketiga kategori ini nyata dan dimiliki oleh sekolah-sekolah yang ada di Indonesia.


  • Guru Nyasar
Guru tipe ini merupakan sosok yang hanya melihat guru sebagai sebuah profesi alternatif di tengah kesulitan mencari kerja. Tipe ini yang penting kerja, memberikan materi seadanya, pasang muka "killer", dan selalu memarahi  muridnya dengan kata-kata yang tidak seharusnya terucap.

  • Guru Bayar
Guru ini memiliki tipikal di awal bulan penuh semangat mengajar. Tapi di akhir bulan, tipe ini pun lemas. Biasanya guru kategori ini tidak pernah menghafal nama anak didiknya. Bila diumpamakan, ada uang aku sayang, tidak ada uang aku melayang.

  • Guru Sadar
Guru kategori ini akan memposisikan diri sebagai orang tua. Anak didiknya dianggapnya sebagai anak kandungnya sendiri. Ia sadar bergaji kecil, tapi lebih mengharapkan gaji yang cair di akhirat. Ia juga kenal dekat dengan siswa dan orang tuanya. Guru ini mampu menyenangkan dan menggerakan semangat siswanya.

Semoga anak didik kita mendapat guru sadar. Kalaupun ada guru nyasar dan bayar, semoga berubah menjadi guru sadar. Tanpa guru, apa jadinya negara ini. Tapi kembali lagi, apakah anda semua ingin menjadi guru nyasar, bayar atau sadar? Semua itu tergantung nurani dan ketulusan anda saat memilih profesi guru.

Related

Redaksi 8218697370323264112

Post a Comment Default Comments Disqus Comments

emo-but-icon

item