hubinsmkpgri1cibinong

Produk Kuliner Dominasi Ujian Praktik Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Plus PGRI 1 Cibinong


Bertempat di halaman sekolah, peserta didik SMK Plus PGRI 1 Cibinong kelas 12 Tahun Pelajaran 2022/2023 mengikuti ujian praktik Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan tema "Bazar Kuliner Nusantara". Senin (27/2/2023).

Tujuan ujian praktik ini untuk mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar psikomotor, kecakapan dan keterampilan peserta didik pada akhir jenjang satuan pendidikan pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK).

Baca juga: Hasil Verifikasi TUK, SMK Plus PGRI 1 Cibinong Sangat Layak Selenggarakan UKK Mandiri

Kepala SMK Plus PGRI 1 Cibinong, Drs. H. Ali Gozali, M.Pd. mengatakan, peserta didik diharapkan bisa memulai dari dirinya sendiri untuk menerapkan karakter dan sikap wirausaha/entrepreneur, terutama kemampuan mengenali peluang usaha, berani ambil resiko dan memiliki kreativitas sendiri.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi dan kreativitas peserta didik. Mereka belajar bagaimana menjadi wirausahawan yang siap bersaing dengan masyarakat luas. Kegiatan semacam ini harapan saya dapat terus dilaksanakan dari tahun ke tahun”, jelasnya.

Sesuai dengan arahan guru pengampu Produk Kreatif dan Kewirausahaan, pelaksanaan ujian praktik ini diawali dengan pengajuan proposal kewirausahaan oleh peserta didik. Dalam proposal dijelaskan produk makanan yang akan dibuat meliputi alat dan bahan yang digunakan, cara pengolahan, dan strategi pemasaran yang akan dilakukan.


Waka. Bidang Kurikulum yang sekaligus guru pengampu mata pelajaran PKK, Dra. Hj. Rosmala Sundayani, menjelaskan bahwa ujian praktik ini akan diselenggarakan selama 2 hari dari 27-28 Februari 2023. Setiap harinya ada 6 rombongan belajar yang melaksanakan praktik pemasaran. Setiap kelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8-9 peserta didik untuk semua program keahlian.

Baca juga: Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Plus PGRI 1 Cibinong Tahun Pelajaran 2023/2024

Sementara itu di tengah kesibukannya melakukan penilaian, guru pengampu PKK untuk program keahlian TKJ, Rizky Dwi Ramadhan, S.Kom, menjelaskan ada empat kriteria penilaian yang akan diberikan yakni penilaian terhadap isi proposal, proses pembuatan, penjualan produk, dan kreativitas produk dan rasa.

"Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan sukses dan lancar. Peserta didik kelas 12 tidak hanya menyelesaikan ujian praktiknya namun juga mendapat manfaat dan pelajaran bagaimana mengolah dan memasarkan produk sehingga dapat diaplikasikan di kehidupan nyata kelak,” pungkas Rizky.

Related

Redaksi 4979511593446566932
item