hubinsmkpgri1cibinong

5 Siswa SMK Plus PGRI 1 Cibinong Ikuti Penyuluhan Dan Bimbingan Jabatan Angkatan 1 Tahun 2023 Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor

Penyuluhan Dan Bimbingan Jabatan Angkatan 1 Tahun 2023 Disnaker Bogor

Sebanyak 5 siswa SMK Plus PGRI 1 Cibinong mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor dengan tajuk “Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Angkatan 1 Tahun 2023”, bertempat di Ole Suites Hotel Darmawan Park, (16/11/23).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, 16-17 November 2023, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor, Zaenal Ashari, S.Sos., MM, dan diikuti 40 pelajar dari 8 SMK yang terpilih se-Kabupaten Bogor.

"Persentase pengangguran di usia produktif mencapai 10,46 % dan penyumbang terbesar adalah lulusan SMK. Hal ini dikarenakan Indonesia menjadi negara ke-3 dari 5 negara ASEAN yang bersiap menghadapi Revolusi Industri 5.0, dimana tenaga manusia perlahan-lahan digantikan oleh tenaga digital.", tegas Zaenal dalam sambutannya.

Baca juga: SMK Plus PGRI 1 Cibinong Gelar Rekrutmen Kerjasama dengan PT. Indomarco Prismatama

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membimbing calon tenaga kerja agar berupaya semaksimal mungkin untuk memiliki kompetensi sesuai minat dan bakat mereka.

“Harapan kami melalui program ini adalah terciptanya calon tenaga kerja yang kompeten dan sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki baik dari pendidikan formal maupun non-formal.” ungkap M. Zulham Nasution, SH., MH, selaku Kabid. Pentasker Dinas Tenaga Kerja Kab. Bogor.


Pada hari pertama, peserta dibekali materi orientasi dan peminatan dunia kerja oleh perwakilan dari Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI, Rici Ronaldo S.Pi., M.S.E. Sementara dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, Ratna Putri Utami, menyampaikan materi seputar pekerja migran Indonesia di luar negeri.

Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan sesi simulasi wawancara dunia kerja dan membuat mind mapping kegiatan yang dipandu oleh Tim Konsultan Psikologi dan SDM dari PT. Castra Adhi Cemerlang.

Ketika ditanya kesan setelah mengikuti kegiatan ini, Maulidsha siswi kelas XII AKL 1 SMK Plus PGRI 1 Cibinong, mengatakan bahwa kegiatan ini sungguh bermanfaat karena telah memberikan wawasan baru seputar dunia kerja.

“Kegiatan ini positif banget, aku jadi lebih tahu apa aja yang harus aku siapin untuk bekal nanti ke dunia kerja. Dan serunya lagi disini ketemu teman-teman baru juga dari sekolah lain.”, ungkapnya.

Baca juga: Kunjungan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bogor Ke SMK Plus PGRI 1 Cibinong

Sementara itu, Koordinator BKK dan Kemitraan SMK Plus PGRI 1 Cibinong, Revi Alamsyah, S.Pd., yang turut mendampingi siswa selama kegiatan berlangsung, berharap kegiatan ini dapat memberikan kesadaran dalam membangun potensi yang dimiliki peserta didik.

“Semoga setelah kegiatan ini siswa-siswi kita dapat lebih mengenal potensi dalam dirinya sebelum memasuki dunia kerja sesungguhnya. Tentunya, mereka juga diharapkan dapat membagikan pengalaman ini kepada teman-teman yang lain.”, pungkasnya

Related

Profil 2470264545562085367
item